Minggu, 24 Oktober 2010

Sistematika Proposal

♥Luve♥ by Azmie^^ 34 Comment
Proposal adalah suatu bentuk rancangan kegiatan yang dibuat dalam bentuk formal dan standar.
Sistematika pembuatan proposal antara lain :
1. Pendahuluan
  • Berisi tentang hal-hal dan kondisi umum yang melatarbelakangi dilaksanakan kegiatan tersebut.
  • Hubungan kegiatan tersebut dalam kehidupan sehari-hari(nyata)
  • Point-point pembahasan pada pendahuluan ini, mengacu pada komponen S-W-O-T yang telah dibahas sebelumnya.
2. Dasar Pemikiran
  • Berisi tentang dasar yang digunakan dalam pelaksanaan, misalnya: Tri Darma Perguruan Tinggi, program kerja pengurus dan lain-lain
  • Jika kegiatan tersebut bukan dari organisasi, maka didasarkan secara umum, misalnya : Peraturan Pemerintah No sekian
3. Tujuan
  • Tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan tersebut ( umum dan khusus)
  • Tentukan juga keluaran ( output ) yang dikehendaki seperti apa
Contoh :
  • Memperoleh kader-kader KMHDI
  • Memberi pengetahuan manajerial dan leadership bagi calon anggota KMHDI
4. Tema
  • Tema yang diangkat dalam kegiatan tersebut
5. Jenis Kegiatan
  • Diperlukan untuk menjelaskan rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan jika kegiatannya lebih dari satu,
  • Menjelaskan bentuk dari kegiatan tersebut. Misal: berupa Seminar, Pelatihan, penyampain materi secara lisan, Tanya jawab dan simulasi dll.
6. Target
  • Berisi uraian yang lebih terperinci dari Tujuan (Point 3) terutama mengenai ukuran-ukuran yang digunakan sebagai penilaian tercapai atau tidaknya tujuan.
Contoh :
  • Target acara ini adalah untuk mencetak minimal 25 orang pelatih KMHDI yang masing-masing diantaranya, memiliki kemampuan yang sesuai dengan standar yang Buku Pedoman Kaderisasi Jilid I KMHDI, dan setiap pelatih tersebut memiliki nilai rata-rata diatas 7 (dengan range 10) dalam setiap materi pelatihan.
7. Sasaran/Peserta
  • Menjelaskan tentang objek atau siapa yang akan mengikuti kegiatan tersebut ( atau lebih kenal dengan peserta)
8. Waktu dan Tempat Pelaksanaan
  • Tentukan dimana, hari, tanggal, bulan, tahun serta pukul berapa akan dilaksanakan kegiatan tersebut.
9. Anggaran Dana
  • Dalam anggaran disini, hanya disebutkan jumlah total pemasukan dan pengeluaran yang diperkirakan oleh panitia, sedangkan rinciannya dibuat dalam lampiran tersendiri
10. Susunan Panitia
  • Dalam halaman atau bagaian susuna panitia, biasanya hanya ditulis posisi yang penting-penting saja, seperti Pelindung Kegiatan, Ketua panitia, Streering Commite dll, sedangkan kepanitian lengkap dicantumkan dalam lampiran.
11. Jadwal Kegiatan
  • Dibuat sesuai dengan perencanaan dalam kalender Kegiatan yang telah disusun sebelumnya
  • Atau bisa juga ditulis terlampir, jika jadwalnya banyak.
12. Penutup
  • Berisi tentang harapan yang ingin dicapai dan mohon dukungan bagi semua pihak.
  • Ditutup dengan lembar pengesahan proposal
  • Terakhir, diikuti dengan lampiran

Sabtu, 23 Oktober 2010

Metodologi Pengembangan Sistem

♥Luve♥ by Azmie^^ 10 Comment
Metodologi Pengembangan Sistem merupakan tahapan dalam penyelesaian sebuah penelitian.
Adapun Metodologi Pengembangan Sistem ini yaitu :
  • STRADIS
    Metodologi STRADIS diterapkan tanpa memperhatikan ukuran system. Terutama dimanfaatkan dalam lingkungan di mana sebagian dari sistem informasi diotomasikan.

  • YSM
    Metodologi YSM melingkupi organisasi dan sistemnya. Berbasis dekomposisi fungsional dan cenderung menggunakan pendekatan partisi kejadian.

  • OOA
    Metodologi OOA merupakan metodologi yang fokus ke analisis system.
    OOA mempelajari permasalahan dengan menspesifikasikannya atau mengobservasi permasalahn tersebut dengan menggunakan metode berorientasi objek. Biasanya analisa sistem dimulai dengan adanya dokumen permintaan (requirement) yang diperoleh dari semua pihak yang berkepentingan.

  • RUP
    Metodologi RUP merupakan suatu metode rekayasa perangkat lunak yang dikembangkan dengan mengumpulkan berbagai best practises yang terdapat dalam industri pengembangan perangkat lunak. Ciri utama metode ini adalah menggunakan use-case driven dan pendekatan iteratif untuk siklus pengembangan perankat lunak.
    RUP memiliki sejumlah siklus yang membentuk proyek dan 9 workflow.

  • SSADM
    Metodologi SSADM merupakan salah satu contoh metodologi pembangunan sistem yang sangat detail dan terstruktur. SSADM biasanya untuk proyek berskala menengah ke atas.

  • IE
    Metodologi IE merupakan metodologi dengan perencanaan strategis, pemodelan data, dan fokus tools otomatis. Menggunakan diagram sebagai alat komunikasi dan penyajian. Metodologi yang menyarankan orientasi ke data namun juga berfokus ke proses/aktifitas dalam tahapan-tahapannya.
    IE ini merupakan metodologi perbaikan terhadap pengembangan terstruktur.

  • RAD
    Metodologi RAD merupakan metodologi inkremental dari proses pengembangan perangkat lunak yang menekankan pada sedikitnya siklus pengembangan.
    Metodologi ini memecah suatu proyek menjadi bagian-bagian kecil yang mana tiap bagiannya dibangun dengan model yang mirip dengan Waterfall. Tujuan utama model ini adalah menyelesaikan suatu proyek per - bagian, sehingga proses perencanaannya pun per - bagian ( walaupun pada awalnya melakukan perencanaan secara global ) .
    RAD memang lebih cepat jika kebutuhan dan batasan project sudah diketahui dengan baik. Juga jika proyek memungkinkan untuk dimodularisasi.

  • XP
    Metodologi XP merupakan salah satu contoh metodologi pengembangan cepat dalam pengembangan sistem informasi.
    XP mempunyai beberapa kelebihan, seperti ringan (lightweight), efisien, ber-resiko rendah, fleksibel, dan disebut sebagai cara yang menyenangkan dalam mengembangkan aplikasi. Memiliki user untuk mendeskripsikan uji penerimaan/kelayakan untuk mendemonstrasikan hasil yang telah ditetapkan

  • ETHICS
    Metodologi ETHICS merupakan satu pendekatan pembangunan system. Metodologi ETHICS dipilih kerana ia melibatkan pengguna di dalam rekabentuk sistem. Ini kerana sistem akan digunakan secara sempurna sekiranya ia bertepatan dengan keperluan pengguna itu sendiri.

  • SSM
    Metodologi SSM banyak dilakukan dalam penelitian yang berdasarkan sistem berpikir, yang memungkinkan dapat menjelaskan dan mendefinisikan masalah, tapi fleksibel dalam penggunaan dan luas ruang lingkupnya.
    SSM melibatkan proses kreasi model konseptual untuk tindakan perubahan atas situasi problematik ini. Proses-proses yang mengandalkan pada proses brain-storming dan partisipasi antara analisis dengan fenomena sosial. SSM dilengkapi dengan teknik analisis perbandingan yang menggunakan expert judment choice melalui pembobotan terhadap berbagai variable budaya perusahaan yang sangat menunjang kinerja perusahaan.
  • Sabtu, 16 Oktober 2010

    Kotak - Selalu Cinta

    ♥Luve♥ by Azmie^^ 0 Comment
    kau tanya, aku menjawab
    kamu minta, aku berikan
    ku sayangi kamu

    ku bicara, kamu yang diam
    ku mendekat, kamu menghindar
    separah inikah kamu dan aku

    bagaimana bisa aku tak ada di setiapmu melihat
    sementara ku ada
    bagaimana bisa kamu lupakan yang tak mungkin dilupakan
    aku selalu cinta, selalu cinta

    kamu hilang, aku menghilang
    semua hilang yang tak kukira
    jangan tanya lagi, tanya mengapa

    bagaimana bisa aku tak ada di setiapmu melihat
    sementara ku ada
    bagaimana bisa kamu lupakan yang tak mungkin dilupakan
    aku selalu cinta tapi kamu tidak
    tapi kamu tidak, tapi kamu tidak

    bagaimana bisa aku tak ada di setiapmu melihat
    sementara ku ada, aku selalu ada
    bagaimana bisa kamu lupakan yang tak mungkin dilupakan
    aku selalu cinta tapi kamu tidak
    tapi kamu tidak, tapi kamu tidak

    Minggu, 10 Oktober 2010

    Tabel Subneting kelas A, B, C..

    ♥Luve♥ by Azmie^^ 0 Comment
    Tabel subnetting dimaksudkan untuk membatasi IP pada client agar komunikasi dapat berjalan lancar dan tidak ada hal - hal yang tidak dinginkan..



    Thanks for loving me..

    ♥Luve♥ by Azmie^^ 0 Comment
    10 - 10 - 2006 s/d 10 - 10 - 2010

    Malam berhiaskan rembulan dan seribu bintang
    Usir sepi dalam kesendirianku
    Hingga tak kan ada lagi perih terpendam
    Aku ingin kau selalu ada di sisiku
    Menemani di setiap detik waktuku
    Menatap indahnya dunia dalam hangat pelukmu
    Anganku membawa merpati menyampaikan pesan cinta
    Dan sejuta memori yang tak akan terlupakan

    Genggaman tanganmu kuatkan hatiku
    Halus lembut kau ucapkan kata sayang
    Oktober itu menjadi bulan penuh cinta
    Figur kekasih yang aku impikan telah hadir
    Rangkaikan sejuta harapan dalam hidupku
    Angerah yang tak pernah terbayangkan
    Nyata dan berharap akan abadi

    Hampa dan kekosongan pun tak lagi kurasakan
    Arti cinta itu telah ku dapat darimu
    Langkahku hanya untuk harapanku
    Ingin hidup bersama mu untuk selamanya
    Munkinkah itu??

    Thank you for being the best in my life ..

    Sabtu, 09 Oktober 2010

    Seventeen – Jaga Selalu Hatimu

    ♥Luve♥ by Azmie^^ 0 Comment
    kau jaga selalu hatimu
    saat jauh dariku tunggu aku kembali
    mencintaimu aku tenang
    memilikimu aku ada
    di setiap engkau membuka mata

    merindukanmu selalu ku rasakan
    selalu memelukmu penuh cinta
    itu yang selalu aku inginkan

    kau mampu membuatku tersenyum
    dan kau bisa membuat nafasku lebih berarti

    reff:
    kau jaga selalu hatimu
    saat jauh dariku tunggu aku kembali
    ku mencintaimu selalu
    menyayangimu sampai akhir menutup mata

    kau mampu membuatku tersenyum
    dan kau bisa membuat nafasku lebih berarti

    repeat reff [2x]
    kau, kau jaga selalu hatimu..

    Jumat, 08 Oktober 2010

    Business Process Modeling Notasi (BPMN)

    ♥Luve♥ by Azmie^^ 3 Comment
    BPMN adalah Representasi grafis untuk menentukan proses bisnis dalam suatu pemodelan proses Bisnis.
    Tujuan utama dari BPMN adalah Menyediakan suatu notasi standar yang mudah dipahami oleh semua pemangku kepentingan bisnis.

    Empat kategori elemen dasar adalah sebagai berikut :
    Flow object adalah elemen utama yang menggambarkan karakteristik dari sebuah proses bisnis.
    Flow Object terdiri dari 3 elemen yaitu :
  • Event
    Event adalah sesuatu yang terjadi selama rangkaian dari sebuah business proses. Event ini mempengaruhi alur dari proses dan biasanya memiliki sebuah tindakan atau sebuah hasil.
    Simbolnya adalah bentuk lingkaran dan berdasarkan alur pengaruhnya, terdapat 3 jenis event yaitu:
    • Start event
      Start Event ini adalah simbol yang mengindikasikan sebuah proses yang akan dimulai
    • Intermediate event
      Simbol Intermediate terletak diantara Start Event dan End Event. Simbol Ini akan mempengaruhi alur proses, tetapi tidak akan memulai atau secara langsung menghentikan proses.
    • End event
      Di indikasikan sebagai simbol untuk mengakhiri sebuah proses.
  • Activities
    Activities digunakan untuk mewakili berbagai makna dalam kehidupan sehari-hari. Aktivitas dianggap mencakup berbagai kegiatan yang dapat diselesaikan dalam waktu 5 menit, satu minggu atau lebih.

  • Gateway
    Dalam BPMN , Gateway dapat mendefinisikan semua tindakan Arus Urutan Proses Bisnis. Sebuah Gateway kadang-kadang memainkan salah satu dari dua peran, dan kadang-kadang bermain baik pada waktu yang sama.

  • Gambar :







    Connecting Object adalah elemen yang menghubungkan Flow object. Connecting Object juga memiliki 3 jenis elemen yaitu :
    • Alur Sequence (Sequence flow)
      digunakan untuk menunjukkan urutan yang kegiatan akan yang dilakukan dalam sebuah proses.
    • Alur Pesan (Messege Flow)
      digunakan untuk menunjukkan aliran pesan antara dua entitas yang siap untuk mengirim dan menerima.
    • Asosiasi (Association)
      digunakan untuk asosiasi data, informasi dan artefak dengan aliran benda
    Gambar :







    Swimlanes adalah pengelompokan dari beberapa model elemen. Swimlines digunakan untuk memisahkan dan mengatur kegiatan oleh peserta sehingga kita secara intuitif dapat memahami siapa yang bertanggung jawab untuk setiap event. Swimlines ada 2 jenis yaitu :
    • Pools
      Semua Bisnis Flow Diagram mengandung setidaknya satu Pool
    • Lanes
      Pool yang dibagi lagi menjadi sub Swimlanes.
    Gambar :







    Artifacts adalah elemen yang digunakan untuk memberikan informasi tambahan dari sebuah proses. Bentuk dan penggunaan artifacts itu bermacam-macam dan bisa lebih luas tergantung dari standar pengertian BPMN yang digunakan. Saat ini terdapat 3 setingan pengaturan artifacts, yaitu :
    • Data Object
    • Group
    • Annotations
    Gambar :







    berikut adalah bentuk-bentuk anotasinya :

    Minggu, 03 Oktober 2010

    2 Oktober.

    ♥Luve♥ by Azmie^^ 0 Comment
    2 Oktober 2010..
    Hmmm.. Tanggal yang telah di pilihnya untuk meninggalkan keluarga, para sahabat, teman - teman, kota kelahiran, dan aku yang ntah siapanya :)
    Untuk kembali ke kota itu. kota yang masih sangat asing buat ku..
    kota tempat dia menuntut ilmu dan menjadikannya kebanggaan orang - orang yang ada di sekitarnya. yapp. termasuk aku..
    Ntah apa yang aku rasakan hari ini.
    Aku tak tau apakah aku harus bersedih atau bahagia..
    mungkin harusnya aku bersedih.
    aku pantas bersedih, hanya tinggal menunggu hitungan menit saja aku tak akan bertemu lagi dengannya untuk waktu yang tak bisa di tentukan..
    tapi aku tak merasakan hal itu.
    Atau apakah aku harus bahagia??
    Tapi kenapa? Aku tak menemukan alasan untuk berbahagia.
    Kosong..
    Namun setidaknya aku sedikit merasa tenang.
    kali ni aku bisa ikut mengantarkan keberangkatannya.
    memberikan sesuatu yang dia inginkan.
    mendengarkan semua pesan - pesannya.
    dan melihat punggungnya hingga dia menghilang di balik pintu itu.
    Disaat itulah aku tersadar dari kekosonganku..
    aku mulai merasa takut.
    Bahkan rasa takut yang tak pernah aku rasakan sebelumnya.
    Takut kehilangan, takut semuanya akan berubah.
    Takut tak ada lagi kesempatan untuk kami.
    Takut yang sangat - sangat dalam.
    Rasanya saat itu aku ingin dia berbalik, menghampiriku, menghapus air mataku, dan berjanji tak akan pernah meninggalkan ku lagi.
    Andai saja seperti itu :)
    Tapi sayangnya hal seperti itu hanyalah kisah percintaan yang ada di sinetron - sinetron.
    Sedangkan kisah kami ada di panggung yang bernama dunia nyata.
    Panggung yang di dalamnya tak ada rekayasa dan aLLah sebagai penulis scriptnya.
    Semoga aLLah menuliskan sesuatu yang indah untuk kisah kami.
    and i hope he get all the best for his life..

    -Az-

    Sabtu, 02 Oktober 2010

    Pengenalan Manajemen Proyek TI..

    ♥Luve♥ by Azmie^^ 2 Comment
    Proyek adalah usaha terkoordinasi, menggunakan kombinasi manusia, teknik, administrasi dan keuangan, dalam rangka mencapai tujuan yang spesifik dalam jangka waktu tertentu.atau merupakan usaha maupun pekerjaan sementara yang dilakukan untuk membuat sebuah produk, servis atau hasil yang unik. Proyek ini berakhir jika tujuan proyek telah dicapai atau proyek telah selesai.

    Proyek dapat berukuran besar atau kecil sehingga waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan proyek bisa singkat atau lama.
    Contohnya : Menggantikan 10 buah laptop dengan seorang teknisi pada sebuah departemen kecil.
    Sekarang ini banyak organisasi yang berminat dalam Manajemen Proyek. Hardware, software, jaringan, dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan kerja tim yang global telah berubah secara drastis terhadap lingkungan kerja. Lebih dari 16 juta penduduk menganggap manajemen proyek sebagai profesi mereka.
    Manajemen Proyek itu sendiri memiliki beberapa keuntungan, seperti :
    • Kontrol yang baik di bidang keuangan, fisik, dan sumber daya manusia
    • Meningkatkan relasi dengan kostumer
    • Waktu pengembangan yang lebih singkat
    • Biaya yang relatif rendah
    • Kualitasnya lebih tinggi dan dapat dipercaya
    • Keuntungan akan menjadi lebih besar
    • Meningkatkan produktifitas
    • Koordinasi yang lebih baik
    • Moral pekerjanya akan menjadi lebih baik
    Manajemen Proyek juga memiliki beberapa atribut, yaitu :
    • Mempunyai tujuan yang unik.
    • Proyek bersifat sementara
    • Dibangun berdasarkan progressive elaboration
    • Membutuhkan sumber daya dari berbagai area, sering kali dari berbagai sumber
    • Mempunyai pelanggan utama ataupun sponsor proyek
    • Bersifat uncertainty ( ketidakpastian )
    Dalam menyelesaikan suatu Proyek kadang kala kita juga akan mengalami kegagalan dikarenakan masih adanya beberapa kendala. 
    Adapun kendala dalam manajemen proyek tersebut adalah :
    1. Ruang Lingkup Proyek ( Scope goals )
      Mendefinisikan apa yang termasuk dalam pekerjaan proyek, produk atau servis atau hasil yang diinginkan sponsor proyek.
    2. Waktu ( Time goals )
      Mendefinisikan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proyek.
    3. Biaya ( Cost goals )
      Mendefinisikan dana yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proyek
    Selain itu dalam menyelesaikan suatu proyek kita juga harus melibatkan orang - orang yang dapat mempengaruhi aktivitas atau hasil proyek yang disebut dengan  Stakeholders.
    Kebutuhan  dan keinginan stakeholders pada suatu proyek akan beraneka ragam.
    Yang termasuk kedalam stakeholders adalah :
    • Sponsor proyek
    • Manajer proyek
    • Tim proyek
    • Staf pendukung
    • Pengguna hasil proyek
    • Supplier
    • Musuh proyek ( orang yang merasa dirugikan dengan adanya proyek yang berlangsung) atau saingan.
    Manajemen Proyek memiliki 9 Knowledge Area. Knowledge Area merupakan kompetensi utama yang harus dikembangkan oleh manajer proyek.
    Adapun 9 Proyek Manajemen Knowledge Area tersebut telah terbagi menjadi:
    1. 4 Kemampuan utama yang mengacu kepada spesifik project objective
      • Project scope management kompetensi untuk mendefinisikan dan mengelola semua pekerjaan yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proyek dengan baik.
      • Project time management kompetensi untuk memperkirakan waktu yang dibutuhkan guna menyelesaikan proyek, membuat jadwal proyek yang wajar dan menjamin ketepatan waktu dalam menyelesaikan proyek.
      • Project cost management kompetensi untuk persiapan dan pengelolaan budget proyek.
      • Project quality management kompetensi untuk menjamin bahwa proyek yang dilakukan akan memuaskan dan memenuhi kebutuhan yang sudah disepakati sebelumnya.
    2. 4 Fasilitas kemampuan yang dibuat agar project objective dapat dicapai
      • Project human resources management kompetensi yang berkaitan dengan efektivitas menggunakan sumber daya manusia yang terlibat dalam proyek.
      • Project communication management, kompetensi untuk membuat, mengumpulkan, menyebarkan dan menyimpan informasi proyek
      • Project risk management, kompetensi untuk menidentifikasi, menganalisis dan merespon resiko - resiko yang berkaitan dengan proyek yang dikerjakan.
      • Project procurement management, kompetensi untuk memperoleh barang-barang dan servis untuk mendukung pelaksanaan proyek baik dari dalam maupun dari luar organisasi.
    3. 1 Kemampuan yang sangat berpengaruh bagi semua bidang pengetahuan
      • Project integration merupakan knowledge area yang ke-9. Management kompetensi untuk mengintegrasikan berbagai elemen dari manajemen proyek.
    Selain itu masih ada Project Management Tools & Technique yaitu alat yang digunakan untuk menilai manajer proyek dan timnya dalam melaksanakan proyek berkaitan dengan 9 knowledge area.
    Alasan peningkatan proyek yang sukses sangat bervariasi. Biaya rata – rata proyek yang dikeluarkan lebih hemat dari setengah total biaya proyek. Dengan memanfaatkan tool yang tepat serta kemampuan yang dimiliki project managers akan menciptakan proses manajemen yang lebih baik. Kenyataannya keberadaan suatu proses merupakan hal yang penting dalam keberhasilan proyek itu sendiri.
    Terdapat beberapa cara untuk menetapkan keberhasilan proyek, yaitu :
    • Proyek memenuhi scope goals, time goals, and cost goals.
    • Proyek memuaskan pelanggan ataupun sponsor.
    • Hasil akhir proyek memenuhi tujuan utamanya, seperti membuat atau menghemat sejumlah uang tertentu, menyediakan ROI yang bagus, atau sekedar memenuhi keinginan sponsor.
    Faktor – faktor lainnya yang dapat mendukung keberhasilan proyek adalah :
    • Dukungan eksekutif.
    • Keterlibatan user.
    • Pengalaman manajer proyek.
    • Tujuan bisnis yang jelas.
    • Scope yang kecil.
    • Perangkat lunak standar.
    • Firm basic requirements.
    • Metodologi formal.
    • Estimasi yang terandalkan.
    • Kriteria lainnya, seperti milestones, perencanaan yang tepat, staf yang kompeten dan rasa kepemilikan.
    Perananan manager proyek dalam manajemen proyek adalah :
    • Mediator antara proyek dan stakeholders.
    • Bertanggung jawab akan kesuksesan proyek sejak perencanaan, pelaksanaan proyek hingga penutupan atau penyelesaian proyek.
    Banyak produk software yang berbeda yang membantu pelaksanaan manajemen proyek. 
    Dan terdapat 3 kategori tool manajemen proyek, yaitu :
    • Low-end tools  :  menangani proyek berukuran kecil, dengan biaya dibawah $200 per user
    • Midrange tools :  menangani multiple projects and users, dengan biaya $200-600 per user.
    • High-end tools : disebut juga enterprise project management software, biasanya berlisensi per user
     

    [Az Jurnal ♥] Copyright 2009 Mizz_linazmie Designed by Ipietoon Blogger Template Image by Online Journal