Selasa, 12 Juli 2011

Pentingnya evaluasi.

♥Luve♥ by Azmie^^
   Penelitian biasanya dilakukan untuk mencari sesuatu yang baru ataupun mengeksplorasi sesuatu lebih dalam lagi. Penelitian biasanya memakan waktu yang lama dan juga biaya yang banyak, walaupun ada juga penelitian yang hanya memakan biaya yang sedikit dan waktu yang singkat. Semakin kompleks masalah yang diteliti maka semakin lama dan semakin banyak biaya yang diperlukan. Penelitian biasanya dilakukan secara sistematis dengan tujuan menemukan apa yang diinginkan atau menemukan jawaban yang selama ini dipertanyakan.
     Penelitian melalui berbagai tahapan mulai dari perencanaan, menetapkan hal-hal yang ingin diteliti, pelaksanaan penelitian, memberikan hasil atau tidak , sampai akhir evaluasi. Banyak orang berpikir evaluasi adalah tahap yang tidak penting, apalagi kalau sudah menemukan hasil dari penelitian. Padahal evaluasi data dan hasil riset yang berkaitan dengan metode yang digunakan merupakan keutamaan dari penelitian. Kenapa? Karena dengan evaluasi kita bisa menentukan langkah-langkah untuk ke depannya. Di dalam tahap evaluasi inilah kita mencatat kekurangan-kekurangan yang terjadi selama penelitian, kesalahan yang perlu dihindari, hal-hal yang perlu disempurnakan, perhitungan biaya dengan manfaat (cost benefit), dampak yang dihasilkan dan sebagainya.
   Pada tahap evaluasi inilah yang menentukan keputusan yang diambil terhadap penelitian yang dilakukan. Apabila hasil evaluasi sesuai dengan yang diharapkan maka penelitian tersebut bisa diterima dan kemungkinan besar penelitian selanjutnya akan disetujui. Dengan ini jelas bahwa bagian evaluasi data dan hasil riset cukup penting.

0 Comment on "Pentingnya evaluasi."

Posting Komentar

 

[Az Jurnal ♥] Copyright 2009 Mizz_linazmie Designed by Ipietoon Blogger Template Image by Online Journal