Kamis, 05 Agustus 2010

Uang kita diredenominasi ??

♥Luve♥ by Azmie^^
Coin Indonesia

Baru - baru ini terdengar kabar kalo rupiah bakal di denominasi ulang (redenominasi)..

Awalnya aku tau hal itu dari salah satu tweet di timeline ku.
dan mulai lah bertanya - tanya, apaan sih redenominasi itu??
tapi berhubung sekarang ini udah ada yang serba tau, yaitu om google, jadi gag perlu deh ribet - ribet tanya sana sini.. 
redenominasi itu artinya pengurangan nominal atau penyederhanaan mata uang Rupiah tapi tidak dengan memotong nilai tukar Rupiah tersebut (kurang lebih begitu)..
* Masih sedikit bingung sih..
Pokokonya angka nol di lembaran uang kita bakal di pangkas sebanyak 3 digit deh..
Katanya Bank Indonesia ( BI ) telah tampak serius menanggapi ide rupiah di redenominasi ini..
Uang yang biasa kita pake bakalan di tarik oleh Bank Indonesia, dan sebagai gantinya bakalan di tukar menjadi 5 sen untuk Rp 50, 10 sen untuk Rp 100, dan 50 sen untuk Rp 500, lalu Rp 1 untuk Rp 1000, Rp 5 untuk Rp 5000, serta Rp 10 untuk baru Rp 10.000 lama.
Denominasi ini katanya untuk mencegah diterbitkannya rupiah dalam nominal yang lebih besar lagi akibat inflasi. Beberapa waktu yang lalu, memang dikuatirkan oleh belbagai pihak bahwa nominal dalam lembaran rupiah akan terus membengkak, bahkan hingga 7 digit, yaitu Rp 1.000.000. Kekuatiran ini diawali oleh rencana terbitnya Rp 200.000 dan Rp 500.000 pasca beredarnya uang kertas Rp 2000 pada tahun 2009 kemarin. Namun sayang, proyek denominasi rupiah kali ini pun tidak dibekali oleh pondasi yang kuat. Sanering justru dibiayai dari Surat Utang Negara (SUN), ini tentunya akan membebani rupiah kelak.
Ribet ah..
Lagian BI saat ini juga masih berusaha menyelesaikan tahap penelitiannya..
Dan kemungkinannya akan diperlukan 10 tahun untuk implementasi.
Jadi ya kita nantikan saja redenominasi rupiah ini yang rencana akan total berlaku pada tahun 2022, dengan masa sosialisasi sejak tahun 2012..

0 Comment on "Uang kita diredenominasi ??"

Posting Komentar

 

[Az Jurnal ♥] Copyright 2009 Mizz_linazmie Designed by Ipietoon Blogger Template Image by Online Journal